VISI DAN MISI DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI
  
Visi


Dinas Pertambangan Dan Energi  Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah salah satu lembaga eksekutif di daerah dengan cakupan tugas adalah perumusan kebijakan bidang Energi Dan Sumber Daya Mineral di daerah, koordinasi dengan para pemangku kepentingan di bidang Energi Dan Sumber Daya Mineral dan pembinaan, pengawasan serta evaluasi pembangunan bidang Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Visi merupakan pernyataan cita-cita atau impian sebuah kondisi yang ingin dicapai di masa depan. Kondisi yang dicita-citakan atau diimpikan tersebut adalah kondisi yang di akhir periode dapat diukur capaiannya melalui berbagai usaha pembangunan. Usaha-usaha pembangunan yang dilaksanakan, umumnya berorientasi untuk memperbaiki tingkat hidup (level of living) masyarakat. Sehingga perubahan paradigma pembangunan yang muncul adalah lebih banyak menaruh perhatian untuk memerangi kemiskinan, kebodohan, ketidakadilan, rasa ketidakterlindungi, rasa terpinggirkan dan dipinggirkan, rasa terkucil dan dikucilkan, mengatasi ketidakadilan lingkungan, baik terhadap sumberdaya alam, tata ruang, maupun permukiman.

Pembangunan pada sektor pertambangan dan energi diselenggarakan dalam rangka mencapai visi Pembangunan Nusa Tenggara Timur  yang akan dicapai selama lima tahun mendatang (2013-2018), yaitu:

“Terwujudnya Masyarakat Nusa Tenggara Timur Yang Berkualitas, Sejahtera dan Demokratis Dalam Bingkai Negara Kesatuan Indonesia”
Mengacu pada Visi kementerian ESDM, merupakan rumusan yang ingin dicapai tahun 2014 adalah:

“Terwujudnya ketahanan dan kemandirian energi serta peningkatan nilai tambah energi dan mineral yang berwawasan lingkungan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat”

Sebagai konsekuensi dari cakupan tugas di atas, mengacu pada Visi kementerian ESDM dan Pemerintah Provinsi NTT  maka Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT merumuskan suatu arah yang ingin dicapai kedepan yakni:

“Terwujudnya  Tata Kelola Energi dan Sumber Daya Mineral Yang Mendorong Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Tata Ruang dan Lingkungan Menuju Kesejahteraan Masayarakat Nusa Tenggara Timur”

Untuk pencapaian  Visi tersebut di atas dibutuhkan kerja keras dari para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat di Provinsi Nusa Tenggaa Timur.   

Misi

Visi merupakan keinginan ideal dan pencapaiannya bersifat jangka panjang, maka untuk mewujudkan visi yang dikemukakan pada bagian sebelumnya merupakan tantangan yang harus dihadapi tidak hanya oleh Dinas Pertambangan Dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Timur tetapi juga oleh berbagai pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat.

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan Visi. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan. Berdasarkan peran dan keterkaitan dengan berbagai bidang urusan pemerintahan sebagaimana ditetapkan  dalam Perda Nomor 7 tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Yang Menjadi Kewenangan Provinsi Nusa Tenggara Timur serta sesuai dengan visi Dinas Pertambangan dan Energi sebagaimana telah dirumuskan di atas,  maka misi yang ingin dicapai adalah:

  1. Mewujudkan Pelayanan yang berkualitas melalui pengaturan, pembinaan, pelaksanaan, pengendalian pengawasan  dalam pengusahaan pertambangan dan energi di daerah.
  2. Mengupayakan percepatan penyediaan  energi serta pembauran energi baru terbarukan dan konservasi energi sumber daya lokal.   
  3. Peningkatan  nilai tambah pengelolaan sumberdaya menuju daya saing produk pengelolaan  sumberdaya mineral dan geologi  daerah dan kesejahteraan rakyat.
  4. Meningkatkan kemampuan kelembagaan dalam pengembangan dan penelitian  untuk mengoptimalkan peluang-peluang yang strategis  dalam pengelolaan  dan pendayagunaan sumberdaya mineral dan energi.

Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT

Go to top