×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 506

HUT Kodam, Korem Bersihkan Pantai Lasiana Featured

HUT Kodam, Korem Bersihkan Pantai Lasiana

Kupang – Dalam rangka HUT ke-58 Kodam IX/Udayana Tahun 2015, Korem 161/Wira Sakti menyelenggarakan kegiatan Karya Bhakti berupa pembersihan pantai secara serentak di tiga belas Kodim di jajaran Korem 161/Wira Sakti. Untuk Kodim 1604 Kupang dipusatkan di Pantai Lasiana.

Dalam Amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto, sebelum kegiatan pembersihan Pantai Lasiana dimulai, Sabtu (9/5), mengatakan kegiatan karya bhakti pembersihan pantai dalam rangka HUT ke-58 Kodam IX/Udayana ini dilaksanakan secara serentak dan tersebar disepanjang garis pantai seluruh wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang dilaksankan Korem beserta jajarannya.

Tujuan kegiatan pembersihan pantai ini untuk membantu pemerintah daerah serta masyarakat guna meningkatkan kebersihan lingkungan garis pantai dan meningkatkan interaksi, kontribusi serta kebersamaan antara masyarakat, instansi pemerintah dan TNI-Polri. “Ini dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Rakyat,” tegas Pangdam IX/Udayana.

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah daerah dan masyarakat sekitar pantai selama ini telah berusaha secara maksimal untuk membersihkan pantai, namun TNI juga harus ambil bagian sebagai bagian dari masyarakat yang sadar, cinta dan peduli terhadap kebersihan pantai dan untuk mendukung pemerintah daerah.

Danrem 161/Wira Sakti menambahkan pantai di wilayah NTT memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Sebagai salah satu tujuan wisata, maka pantai-pantai tersebut harus dijaga kebersihan dan keindahannya, sehingga akan lebih menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut. Dengan demikian akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Untuk wilayah Kodim 1604/Kupang, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf. Subar menyampaikan bahwa pembersihan pantai di pusatkan di Pantai Lasiana. Akan tetapi dilaksanakan juga di empat titik pantai lainnya secara serantak, yakni di pantai Kelapa Lima, pantai Pasir Panjang, Pantai Tedys dan Pantai Namosain. Kelima titik pantai ini dilaksanakan dengan melibatkan unsur Pemrintah Provinsi NTT, Pemerintah Kota Kupang, TNI AL, TNI AU, Polri, mahasiswa, pelajar dan masyarakat disekitar pantai berjumlah 3.750 personel.

Sementara itu, Wakil Walikota, Hermanus Man, di sela-sela kegiatan pembersihan pantai Lasiana meyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas anatar Pemerintah Kota Kupang dengan TNI. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk mendorong masyarakat untuk menumbuhkan semangat gotong royong sekaligus berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan pantai.

Hadir dalam Kegiatan ini Wakil Walikota Kupang Hermanus Man, unsur Forkopimda Kota Kupang, Kasrem 161/Wira Sakti, para Kasi Korem 161/Wira Sakti, para Danka Balak Aju Jajaran Korem 161/Wira Sakti, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama serta tokoh pemuda setempat.

Sumber : Timor Express Senin, 11 Mei 2015

Last modified on Friday, 10 July 2015 01:10

More in this category:

Go to top